//
you're reading...
Uncategorized

Tetap GRENG saat puasa!

Tidak sedikit orang yang menjalani puasa sangat bersemangat pada awal- awal bulan tetapi pada akhir bulan harus berguguran puasanya. Banyak pula yang mengeluh lemas karena tugas dan aktivitasnya sama saja dengan bulan –bulan lainnya. Akhirnya saat berbuka terjadilah yang namanya “balas dendam”, mengkonsumsi secara berlebihan yang manis manis dan mengandung berbagai jenis gula atau semacamnya seperti kolak, sirup, kue manis dan nasi. Perlu diketahui gula dapat menaikkan tensi darah dengan cepat, namun turunnyapun juga cepat.

aku buka duluan yaaaaa

Nah, supaya tetap Fit saat berpuasa, ada kebiasaan yang perlu Qt  lakukan, yaitu:

  • Mengkonsumsi makanan bergizi saat sahur dan berbuka. Kurma adalah anjuran terbaik yang bisa anda dapatkan. Biasakan makan kurma paling tidak lima biji tiap buka dan sahur, baru dilanjutkan dengan makanan pembuka lainnya yang mengandung 4 sehat 5 sempurna.
  • Banyak-banyaklah minum air putih, bahkan minimal minum 8 gelas air putih pada bulan selain Ramadhan sebaiknya tetap dijalankan selama puasa dari setelah berbuka hingga sahur.
  • Baiknya berbuka dengan yang hangat dan mengurangi gorengan, makanan pedas, berbumbu tajam dan minuman soda  untuk mencegah pembentukan asam lambung berlebihan
  • Setelah berbuka dengan makanan sederhana, sebaiknya tidak terburu-buru makan besar atau tunda paling tidak satu jam setelah berbuka . Karena selain memberikan adaptasi pada pencernaan kita, hal tersebut dapat membantu kita dalam kekhusyukan beribadah shalat Isya dan Tarawih.
  • Mengunyah  makanan hingga lembut akan membantu kerja lambung dan pencernaan Qt
  • Makanan berserat  seperti sayur dan buah buahan akan sangat membantu menunda lapar yang berlebihan, karena makanan berserat dicerna lebih lama dalam tubuh.
  • Tetap berolah raga ringan dan teratur akan membantu terjaganya kebugaran tubuh Qt.

Semoga puasa Qt mendapat Ridho Allah SWT, Amien…

+++ ada pertanyaan langsung saja ke FB saya saja ya heeee_

Discussion

No comments yet.

Tulis Komentarmu :

Follow NLAVIA.COM on WordPress.com

Enter your email address to follow this web and receive notifications of new posts by email.

Join 128 other subscribers

Blog Stats

  • 306,175 hits