//
you're reading...
motivasi, motor

Sehari di Safety Riding Center Jogjakarta

Dilandasi dengan kesadaran bersama bahwa keselamatan berlalulintas adalah tanggung jawab setiap individu yang ada di jalan serta dalam rangka mewujudkan cita-cita Indonesia Aman Berlalulintas, Astra Motor Yogyakarta menggandeng Blogger dan Vlogger otomotif di area Yogyakarta dan sekitarnya untuk mengikuti pelatihan Safety Riding yang dilaksanakan di Astra Motor Safety Riding Center Yogyakarta.

Diikuti oleh 23 Blogger dan Vlogger otomotif, pelatihan dilaksanakan dengan kesadaran bersama bahwa keselamatan berlalulintas adalah tanggung jawab setiap individu yang ada di jalan. Tak terkecuali bagi Blogger dan Vlogger otomotif yang berkendara dengan mobilitas tinggi baik sebagai sarana transportasi ataupun sebagai hobi. Terlebih Blogger dan Vlogger memiliki kesempatan untuk menyebarkan informasi dalam membangun kesadaran bersama akan pentingnya perilaku aman berkendara di jalan raya.

“Rekan-rekan Blogger dan Vlogger otomotif merupakan salah satu elemen masyarakat yang sering berinteraksi dengan sepeda motor baik dalam lintasan tertutup ataupun jalan raya. Melalui pelatihan ini diharapkan setiap peserta bisa memiliki skill, wawasan, dan kesadaran mengenai perilaku aman saat berkendara. Sehingga ke depannya rekan-rekan Blogger dan Vlogger dapat berkontribusi dalam menekan angka kecelakaan di jalan raya, baik saat berkendara di jalan raya ataupun saat berbagi informasi di masing-masing blog atau vlog.” ungkap HC3 Region Head Astra Motor Yogyakarta Erie Kurnia.

Dalam pelatihan  ini materi dibagi menjadi dua yaitu teori dan praktek. Pada sesi teori peserta diajak untuk mengenal persiapan, sikap, postur, perilaku, resiko di jalan raya, teori ketrampilan berkendara, hingga fitur-fitur keamanan yang ada dalam jajaran produk Honda. Sesi teori dalam pelatihan ini juga disempurnakan dengan penggunaan simulator yang dikenal sebagai Honda Riding Trainer (HRT). Dalam penggunaan HRT, peserta diajak untuk mengikuti sebuah simulasi pengendaraan sepeda motor dengan berbagai kondisi jalan dan cuaca.

foto diatas mensimulasikan naik simulator PCX boncengan wkwkwkw

Unit yang digunakan dalam sesi praktek pelatihan bersama blogger dan vlogger ini cukup beragam, mulai dari tipe Skutik (AT), Bebek (Cub), hingga Sport. Harapannya peserta pelatihan dapat memahami perbedaan karakter sekaligus skill yang dibutuhkan saat mengendarai sepeda motor di masing-masing tipe. Sesi praktek sendiri dibagi menjadi tiga materi pokok yang meliputi braking, narrow plank, dan slalom course.

Melalui materi braking peserta diajak untuk menguasai ketrampilan penggunaan rem saat mengendarai sepeda motor. Teknik pengereman yang baik dengan kombinasi penggunaan rem depan dan belakang yang tepat akan menghasilkan jarak pengereman yang pendek dan pengendalian yang stabil. Untuk melatih keseimbangan peserta mendapatkan materi narrow plank dimana peserta diajak untuk meniti papan keseimbangan. Materi ketiga adalah slalom course. Dalam materi ini peserta diajak untuk mengasah ketrampilannya dalam mengendalikan sepeda motor melewati bermacam jenis tikungan.

 

note:

yang paling sulit pertama adalah slalom, mikir slalom dengan kondisi medan basah n tanpa pake kopling, mayoritas motor yang dipakai adalah golongan honda cb150r, walaupun ada bebek n matik. ingat, tanpa kopling!!!

yang tersulit berikutnya adalah narrow plank, sebenarnya itu bordes biasa selebar 30 cm dengan panjang kurang lebih sepuluh meteran. as easy keluar dari bordes gak bakal jauh sakit wong tinggi narrow plank cuma 3 cm. tapi yang bikin susah, ada spek tertentu dimana expert diminta tidak menurunkan kaki selama diatas narrow plank, pun tidak keluar dari jalur bordes n yang paling sukar adalah, sepuluh meter itu (kira2) harus ditempuh dalam tempo MINIMAL 80 detik, lebih dari itu semakin bagus…. apa ya bisa???

enggak ada yang bisa, wkwkwkwkwkwkwk.

yang bisa cuma instrukturnya. ya mungkin mereka terbiasa latihan keseimbangan ya….

Advertisements

Discussion

No comments yet.

Tulis Komentarmu :

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow NLAVIA.COM on WordPress.com

Enter your email address to follow this web and receive notifications of new posts by email.

Join 128 other followers

Blog Stats

  • 252,353 hits
%d bloggers like this: