//
you're reading...
motor

Honda Sonic 150R Handling Menawan

sudah lama sebenarnya saya ingin menulis review tentang honda sonic 150, yang sudah saya membersamai saya sejauh hampir seratus lima puluh kilo dengan awal perjalanan dari hotel salaview solo hingga pantai teleng ria pacitan

artikel ini seharusnya sudah saya publish jauh dari dulu, berhubung saya kesulitan mengatur waktu, mungkin saat ini saat yang tepat, kebetulan niat saya menulis yang halalan toyyiban, yang merupakan masih merupakan tugas yang sangat berat…

jadi si sonic seratus lima puluh ini sudah muncul lama banget, untuk ukuran motor, sudah sejak satu semester (lebih) yang lalu. sayang gaungnya terus tertindih kehadiran motor motor baru yang lain, termasuk saudaranya sendiri sebeer seratus lima puluh

dimulai start dari main dealer honda di purwosari solo, kami berangkat berombongan menyusuri lapangnya jalan slamet riyadi solo. tidak hanya sonic yang bersama kami, ada cb seratus lima puluh, vario seratus lima puluh dan sebiji moge cbr enem ratus. ada sekitar duapuluh limaan peserta, belum termasuk mobil box dan mobil angkut apabila ada motor yang troubel

perjalanan terasa sangat lancar, bukan hanya karena jalannya sangat mulus atau kami mengendarai motor baru, tapi karena dikawal oleh voorijder dari kepolisian, dua motor moge yamaha dan satu sedan hyundai. rombongan kami sangat mengundang perhatian warga yang ada di jalan raya, karena kami menggunakan helem dan jaket, dan motor yang seragam, plus uiw uiw yang cetar membahana dari mobil polisi, berisik yang membuat pengguna lalu lintas yang disekitar kami aware dan minggir…

sebenarnya malu, dan membuat saya ingin lepas cerai dari rombongan, tapi pasti nanti polisi didepan ngejar saya, dengan dakwaan melarikan motor tisrid hahahahaha

perjalanan kami mulai berubah dari tempo lambat ke tempo agak cepat, mengingat kami mulai memasuki daerah antara sukoharjo dan wonogiri yang arusnya lancar, tapi belum bisa juga tembus 90 kph

semenjak berangkat pertama tadi, sebenarnya saya merasakan bahwa motor ini liar sekali, untuk ukuran saya yang terbiasa mengendarai motor kecil tentunya, akan tetapi tubuh saya menjadi terbiasa dalam waktu singkat, mengingat saya ingin memahami karakter motor sonic seratus lima puluh ini.

belum sampai kota wonogirinya, tiba2 sepion motor sebelah kanan sengkleh, menunduk mengheningkan cipta. sekali dua kali ternyata diperbaiki sambil jalan gak bisa.

untungnya kami berhenti untuk ngaso istirahat di salah satu pompa bensin di wonogiri. setelah saya amati saya pikir hanya masalah baut sepion saja yang kendor, sayangnya tidak ada satupun rombongan bermotor yang di bagasinya ada obeng untuk mengencangkannya termasuk saya sendiri, terpaksa saya harus menunggu mobil box untuk toolkit penunjang.

setelah mobil box penunjang datang, saya konfirm masalah spion saya ini, kemudian para petugas service mengencangkan baut spion yang ternyata sudah kencang. iya mentok dan berputar putar saja di tempat, sementara spion motor masih tertunduk lemas. akhirmnya kami tahu, bahwa pada motor yang saya bawa baut spion kanan dan kiri berbeda, asli sebelah kiri berwarnya hitam dan mbundel, yang kanan ini berwarna kuning model payung dengan got baut plus tidak terlalu dalam.

sementara tidak ada part semacam baut spion di mobil box penunjang…

maka sepanjang jalan berikutnya saya hanya menghibur diri, nrimo, karena teman teman lain yang uzur lebih memilih yang menurut mereka joknya lebih empuk, tidak ada motor pengganti dan saya termasuk yang paling muda diantara rombongan. kesulitan yang saya alami dengan spion sengkleh sebelah kanan yang pertama saya tidak bisa mendapat pandangan yang lega kebelakang dari sisi kanan, yang kedua adalah saya tidak leluasa memainkan gas, lengan saya tersangkut selalu di spion yang defek itu, yang ketiga, dari sisi saya sebagai pengendara sendiri saya merasa tampilan motor saya jadi kurang ganteng, liane normal koq nggonanku sengkleh dewe.

pun terpaksa saya memakai mode alay, mau tak mau spion kiri saya tekuk juga, saya berjalan lebih aware dari biasanya. sepanjang jalan saya hanya menghibur hati…

aware terus menerus di sepanjang jalan membuat kaku badan ini, lalu mulai mengantuk, saya menguap di sepanjang jalan, bahkan sebagai pengendara diatas motor yang teman teman lain lebih memilih motor lain, kalau ada.

mengantuk diatas motor yang beringas ini sungguh berbahaya pikir saya. saya pun berinisiatif untuk maju ke depan, melewati beberapa sonic dan cb serta cbr di depan hingga menjadi lima yang terdepan. ternyata yang disalip juga ndak terima posisinya ajegnya berubah sehingga terjadilah selip selipan kecil.

saya mulai menikmati motor ini lagi, apalagi jalan mulai berkelok kelok, mulai menantang dalam selip selipan kecil ini. perhitungan harus matang karena safety harus jadi prioritas, sayang nyawa, sayang motor baru.

diatas jalanan yang berliku liku naik turun antara wonogiri pacitan ini, mengendarai honda sonic 150 sangat menyenangkan sekali, tenaganya cukup mumpuni di tanjakan, remnya cukup pakem di turunan, apalagi buat selap selip di kelokan yang juga naik turun.

kami semua cucuk cucukan, mengingat didepan masih ada pengawal pak polisi dan di belakang ada pengawal cb enemratuslimapuluh, jadi sepanjang rentang seratus lima puluh meter kami saling berganti posisi urutan depan belakang tengah.

saya senang sekali, hilang rasa ngantuk, benar benar presisi handling dari honda sonic seratus limpuluh ini, bahkan saya mudah saja untuk cucuk cucukan dengan TMCblog di turunan dan tanjakan jalan menjelang kota pacitan. bahkan ketika sampai di tempat finish kami di pantai teleng ria tempat HBD 2015 dilaksanakan, sudah hilang rasa ngantuk, bahkan saya lupa bahwa saya punya kendala di spion kanan saya.

kami tiba di teleng ria sore hari, sekitar ashar, cek bensin ternyata juga sudah kedip kedip padahal sudah diisi separo saat mampir di pantai krakal. saya merasa lelah, tetapi saya melupakan kesusahan saya pada spion pada motor tester yang saya kendarai. pengalaman di jam jam terakhir diatas honda sonc 150 menyusuri kelokan dan bukit di pacitan memang sangat menyenangkan dan tak terlupakan. semoga pembaca bisa merasakan pengalaman yang sama dengan saya nantinya ketika sudah mengendarai honda sonic 150. lupakan review ini dan segeralah naik motornya, mungkin pengalaman anda lebih menyenangkan dari pengalaman saya

PicsArt_1448256855939

link terkait:

http://tmcblog.com/2015/11/23/turing-akap-pakai-new-honda-cb150r-ke-hbd-2015-bikin-cbr-150r-keponthal-ponthal/

Discussion

One thought on “Honda Sonic 150R Handling Menawan

  1. hahahah ketawa saya pas baca spion mengheningkan cipta, nice review mas

    Like

    Posted by motorpacu | March 11, 2016, 5:35 PM

Tulis Komentarmu :

Follow NLAVIA.COM on WordPress.com

Enter your email address to follow this web and receive notifications of new posts by email.

Join 125 other followers

Blog Stats

  • 245,879 hits
