//
you're reading...
motivasi, wirausaha

jika anda wirausahawan gagal

”Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholih dan saling menasihati supaya menaati kebenaran dan saling menasihati supaya menetapi kesabaran” (QS. Al ‘Ashr).

jika anda wirausahawan gagal, yap- ini judulnya- saya yakin disana banyak wirausahawan sukses, tapi tidak sedikit pula yang gagal. ada seribu macam jawaban mengapa gagal mengapa sukses. tapi kali ini saya sedikit berihtiar lewat sedikit  kata ndan cerita membantu anda wirausahawan yang belum sukses (kalo tidak mau dianggap gagal), saya harap anda mau memahami poin2 di akhir cerita ini.

keinginan ini berawal dari kemarin sore, ketika selesai berjamaah solat ashar di masjid sekitar kantor, sambil memakai kaos kaki  saya tertarik untuk bertanya kepada seseorang yang duduk di dekat saya, seseorang itu mengingatkan saya pada salah seorang senior saya, yang menurut saya beliau cukup gagal dalam merencanakan hidupnya. ternyata benar- ndak jauh2 ternyata masnya ini juga mengalami nasib yang sama dengan senior saya- hampir tapi tidak separah senior saya.

inti ceritanya adalah- ia adalah seorang lelaki yang menginginkan hidup mandiri- waow- thats good

sayangnya dalam pencapaian hidup mandirinya- ia tidak cukup masak untuk menimbang materi yang selama ini dia terima. materi itu sangat terkenal- saya sendiri pernah ikut merasakan atmosfer semangat membara dalam penyampaian materi itu- bahkan sebelum materi itu disampaikan!

BODOL BOTOL BOBOL

BODOL = Berani, Optimis, Duit, Orang Lain

BOTOL =Berani, Optimis, Tenaga, Orang Lain

BOBOL = Berani, Optimis, Bisnis, Orang Lain

pasti banyak yang sudah mendengarnya

dan seseorang yang duduk di dekat saya (sebut saja Y) ini salah satu orang yang gagal memasak dan menikmati materi itu, materi yang menurut saya cukup seperti daging ular, cukup enak dan berkasiat untuk dimakan- tapi mendapatkan dan memasaknya cukup sulit dan berbahaya…
Y ini mengikuti semacam kelas kuliah wirausaha yang menganut prinsip semacam BODOL BOTOL BOBOL seperti diatas, cukup pede dengan ilmunya, ia membuka usaha sejak beberapa tahun yang lalu, mulai jual pulsa, loundry, jual beli motor, bahkan warung makan. sayangnya, dari berbagai usaha itu, tidak ada satupun yang bertahan lebih dari satu tahun, bahkan sekarang ia masih mempunyai toko diatas tanah sewa- dibuat warung tidak laku- dikontrakkan tidak ada yang lirik- duh…

lalu dari perbincangan,  Y sendiri  merangkum akibat kegagalannya:

  • Y tidak berkoordinasi dengan pasangannya (Y sudah menikah) sementara pasangan Y malah lebih sukses dengan usahanya sendiri
  • Y tidak memulai dari yang kecil
  • Y tidak melihat pasarnya
  • Y kurang memperhatikan manajemen, termasuk manajemen karyawan dan keuangan

luar biasa- dia sendiri bisa menyimpulkan isi dari perbincangan, ini tandanya Y bukan orang yang bodoh (tapi mungkin lalai). saya sendiri melihatnya karena memang Y menelan mentah mentah konsep 3b diatas (Y mengakui). kemudian saya hanya menambahkan 3 hal:

  1. perhatikan lingkungan sekitar- konsumen terdekat adalah tetangga sendiri
  2. jangan lupakan bahwa rezeki telah ada yang mengatur- mintalah sebanyak banyaknya pada Allah SWT- dengan cara yang baik dan benar tentunya
  3. yang terakhir- akan ditambahkan lagi setelah Y konfirm atas ihtiar setelah pertemuan ini, kalo gak ada ihtiar- ndak akan saya share poin selanjutnya- mudah mudahan Allah memberikan pencerahan buatnya.

magrib berkumandang-masjid mulai rame…

Discussion

4 thoughts on “jika anda wirausahawan gagal

  1. Sharing mantab mas bro.
    Dari dulu saya pengin jadi wirausaha, tapi belum pernah berani melangkah😦

    Like

    Posted by Yoshi | July 18, 2012, 3:39 PM
  2. anda sndr wirausaha bkn?? apa & bgmn??

    Like

    Posted by pam | July 19, 2012, 12:10 PM
    • ada mz- perlengkapan tidur dan dapur. Alhamdulillah, sampai sekarang laku keras, malah konsumennya tetangga sendiri hahaha, tapi memang tidak terdengar serius karena samben mz, semoga setelah ramadhan segera bisa merambah ke sektor pangan

      Like

      Posted by nlavia86 | July 20, 2012, 2:39 AM

Tulis Komentarmu :

Follow NLAVIA.COM on WordPress.com

Enter your email address to follow this web and receive notifications of new posts by email.

Join 125 other followers

Blog Stats

  • 245,879 hits
