sungguh kalau boleh- saya ingin melanjutkan artikel yang judulnya saya miripkan dengan judul saya kali ini, yaitu dari blognya mz Taufik yang berjudul Kompresi Makin tinggi, Mesin Makin panas . . . Gimana Solusi yang diberikan Vario 125?
tentunya sudah bukan rahasia lagi kalau vario 125 ini kompresinya tinggi, maka daripada itu dengan mesin berkompresi tinggi tentu butuh bahan bakar yang menunjang >>> PERTAMAX atau PERTAMAX PLUS.
nah, tentunya Honda sangat sadar kalau masyarakat indonesia membeli motor tidak akan mempermasalahkan akan diberi bahan bakar apa motornya- singkatnya- jikalau ada cukup uang ya beli pertamax kalau sedang berhemat ya beli premium- pokoknya bisa nggelinding (atau daripada beli premium mending ngandang saja hehehe).
nah untuk mungkin pabrikan berjaga-jaga kalau penggunaan vario itu memakai bahan bakar premium yang pasti menyebabkan mesin berkompresi tinggi jadi panas-makanya honda menyediakan radiator yang lebih besar dengan grill penangkap angin sesuai artikel yang dijelaskan oleh mz Taufik.
Daaan tentunya jelas akan mempengaruhi performa…
seperti apa itu???
saya menduganya seperti yang dialami oleh rekan rekan yang sudah mencoba:
Nah kalau Vario 125 ini saat saya tarik gas pol, sepertinya konstan tertahan pada kecepatan antara 30-40 kpj sulit naik lagi dengan cepat. Mungkin ini untuk membuat konsumsi BBM irit ya.
http://aluvimoto.wordpress.com
Sayangnya saat saya mencoba vario 125 varian CBS (combi brake system) akselerasi 0-60 km/jam bisa dikatakan lemot alias kurang responsif. Entahlah, karena area test drive kurang memadai ataukah memang karakter mesin ESP yang memang seperti itu.
http://adhanihoree.wordpress.com
-Peforma
Naah, ini dia biang kerok nya, nggak ngerti nih kenapa akselerasi vartceh 125 loyo, gak ada tenaga babar blass, harusnya kalo injeksi malah lebih resonsifkan? padahal gas udah bejek mentok, awal emang narik but selang beberapa detik, motor serasa ngambang
NAAAAH
lain lagi dengan pendapat yang lain, yang mungkin juga ikut turing resmi honda, beberapa malah tidak menyinggung performa, fells anything fine-
KESIMPULANNYA
kemungkinan saya duga mereka motor mereka dapet jatah diisi bahan bakar berbeda dan perlu diingat semakin tinggi kasta bahan bakar yang disesuaikan dengan kebutuhan mesin jelas semakin sempurna performa.
USUL
buwat rekan yang mo test ride- tulung dicolek tangki bensinnya- buat parameter pengetesan- apakah pakai premium/pertamax gitu ya
premium sama pertamax kalo dalem tangki kan gatau :(, dugaannya sih memang pake premium. malah mbak2nya bilang bisa pake premium
LikeLike
situ kan bawa kunci-kunci motor trus tinggal colek aja, tangkinya- bukan mbak mbaknya hehehehe_
LikeLike
Itu dia, saya juga penasaran kenapa dari para test rider touring kurang ada tulisan soal performa putaran bawah yang disinyalir rada lemot… apakah karena mereka memang tidak merasakan atau karena obyektifitasnya mulai luntur 😦
LikeLike
hmmn- paling mungkin ya isi bensinnya beda hehehehe
LikeLike
Paling pak dokter, soale mas mas e yo menepu kalo kompresine cuma 10.5:1 ,
LikeLike
kemarin waktu diskusi sama tecnical nya ahm kok waktu tak taya, kompresi 11:1 bisa dikasih minum premium apa ga maksa? , apa ignition di remapping ulang ? #jawabnya
iya di sector pengapian ada remapping ulang jad bisa disesuaikan bbm indonesia
LikeLike
naaah looo_ harusnya jadi lebih boros donk hehehe
LikeLike
Ternyata e ternyata …. Performa loyo to ? (mungkin karena dicekek supaya IRIT. Malu sama MioJ dan Nex kalo ketahuan borosnya….). Laen cerita baca ulasan tabloid Otomotif. Motor ini katanya wuuuiiiizzzz kuenceng tenan, Bro !!!
LikeLike
Emang media besar tulisannya cenderung ‘netral’… tidak terkecuali blog-blog yang hits / pamornya makin besar, seiring meningkatnya hits, tulisannya makin kurang menggigit… takut gak dapat undangan launching lagi kali…
LikeLike
sepertinya karakter vario 125 sama dengan supra 125. tarikan kurang tapi napasnya panjang. tp ga tau jg, karna lum test drive..
http://analisamotorindonesia.wordpress.com/2012/03/15/analisa-honda-vs-yamaha-tentang-fitur-pemikiran-era-modern-honda-dan-pemikiran-maaf-kuno-yamaha/
LikeLike
paling piston jebol (itupun jangka panjang, 5 tahun bahkan lebih)
sebelum jebol, dijual dulu 😈
LikeLike
ni ganti ban belakang model xeon ga bro?! kudu copot sana sini dulu gitu?!
LikeLike
waduh.. kok review nya jelek gini ya.. jadi mikir mau beli Vartech 125
LikeLike
hehehe- ini tulisan saya yang jelek atawa varionya ????
LikeLike
nambahin daftar “jeleknya” Vario125 setelah disinyalir kualitas plastiknya semakin tifiz dan gampang somplak…
LikeLike
bener banget.plastiknya gampang pecah.nih pnya qu dah belubang lamu depanny.padahal cuma kena sikut anak2
LikeLike
owh- saya mbahas tentang mesin – ternyatr asaudah merembet ke body nih- potonya ada mz?
LikeLike
harus netral..
LikeLike
tetep klw mnurut ane bro, karena kompresinya yg tinggi (11:1) riskan diisi premium kecuali ahm memng mnurunkan kompresiny dng nmbah stroke nebalin packing… awas rawan jebol klw mio j tenang kompresiny (9,3:1) sngat2 aman minum premium he2
LikeLike
ada satu hal lagi yang lupa mz- programmable ecu/cdi nya- kompresi tinggi bisa diakali juga dengan menggeser waktu pengapiannya hehehe
LikeLike
He he he Radiator berarti g tahan gebuk+Panas , ! Berarti masih kuat mesin yang g pake Radiator !
LikeLike
udah beli..tapi kok cepet panas and agak boros….apa mungkin masih baru ????????????? kaciiiiiiiiiiaaaaan dah W
LikeLike
inreyen biasanya memang diseting boros mz…
LikeLike
nunggu SOUL GT aja ah ….
aman pake premium body ok … ngga tifisss….
tinggal modif proyektor HID+angel eyes…^^
LikeLike
Pernah coba Vario 125 tp cuma sebentar (punya kawan). Akselerasi sptnya memang cenderung ‘lembut’ / tidak ‘galak’ antara 0 – 60 kpj. Tapi lanjut ke 80 kpj terasa mudah dgn karakter akselerasi ‘konstan’. Hmm…mirip Kymco Trend 125 saya. Overall, jika dibandingkan dgn Beat, memang terasa lbh ‘soft’ akselerasinya…
LikeLike
Masa seh gak ada tenaga nya, saya udah lihat vario 125 di jalan beberapa kali dan semuanya pada ngacir alias udah ngilang aja di depan..
LikeLike
sedulur kabeh, wes ora usah pada saling mejatuhkan produk satu dengan produk lainnya, numpak motor sing penting aman selamat sampai tujuan.
LikeLike
halo salam kenal,
sy hendak sdikit menambahkan, kebutuhan oktan mesin tidak selalu berpatokan hanya dgn kompresi mesin. Timing, bahan mesin, konstruksi cyl head, turbo / superchrg, setting mapping mesin jg mempengaruhi.. contoh paling unik, VW kodok kompresi hanya 1:6-7, maks 1:8. Tp pada rekomendasi pabrik, harus menggunakan min oktan 91..
terima kasih..
LikeLike
salam kenal juga ^_^
kebutuhan oktan mesin tidak selalu berpatokan hanya dgn kompresi mesin >>> sayang sekali di indonesia- untuk melayani kompresi mesin cara yang paling muDah (pake D bukan R) adalah memakai oktan yang sesuai dengan kebutuhan mesin
aplikasi pada kendaraan roda 4 mustinya akan lebih kompleks dibandingkan dengan roda 2 dengan tahun pembuatan yang sama
LikeLike
wah klo gini ga jadi deh mo ngelamar Vartech125…. 😦
LikeLike
coba dulu mz- baru boleh ditimbang2 hehehe
LikeLike
Dari setelan klep mas, Vario 125 ini sangat sensitif dgn setelan klep beda dengan motor lain baik merk honda atau merk lain. Dan satu hal lagi Vario 125 ini doyan panas, eksperiment dengan menaikan businya ke 1 tingkat lbh panas (pake busi supra)tenaganya ruar biasa dan penampakan businya lbh bagus pakai busi supra (bersih) dibanding type standarnya yg lbh dingin mungkin krn saya tinggal di daerah dingin ya CMIIW
LikeLike
saya test ternyata ada suara yg ga enak (aga kasar) tuh …. dibalik radiator knapa yah padahal baru dipake 17 km.>>>>>>>
LikeLike
Betul gan….saya juga baru nurunin nih Vario 125. baru mulai jalan ada suara kasar. tapi kata dealer itu gak apa2. ada istilah resonansi segala mereka bilang….ada yang tau gak ya itu kenapa?? n bisa gak di hilangkan suaranya. sayang motor halus jadi kurang sempurna dengan adanya suara itu…
LikeLike
kata temen blogger itu bukan suara mesin- resonansi sepertinya jadi standar jawaban dari dealer. so – mari kita liat ada berapa lagi yang beresonansi juga
ngoook (begitu bunyinya?)
LikeLike
yang comentnya miring apa motornya udah pada punya?..atau hanya punya ymh?
LikeLike
salam olahraga mas2 brew…
kalo bicara tentang suara yang kasar apa ada yang bisa jelasin dari temen2 yang lebih mengerti tentang mesin….saya juga punya masalah dengan suara yang kasar dari vario 125.
thank’s.
LikeLike
saya sudah coba sendiri dan setelah saya dengarkan tidak terlalu parah bunyinya
suara itu (menurut saya) malah mirip ketika sepeda motor biasa open filter, tidak pake filter udara. mungkin jawaban ini bisa dikoreksi oleh lainnya
https://nlavia.wordpress.com/2012/05/29/setelah-naik-vario-215/
LikeLike
Setuju sm penulis deh! Dah sy tes punya bini sy, untuk putaran rendah’ tenaganya agak kurang (seperti agak tertahan) tp klo kecepatan dah 60km/jam keatas’ sangat galak tenaganya, bahkan untuk kecepatan 60-100 sangat cepat di dapat. Klo cepat panas, kayanya g deh.. Cm klo suara kasar/ ngorok itu emang kedengaran, seperti shogun kebo sy dulu, mgkn karakter mesinnya emang seperti itu..
maaf bukanya saling mo jatuhkan salah satu produk tertentu, tp itu menurut pengalamn sy..
LikeLike
AIR RADIATOR CEPAT HABIS 10 HARI SUDAH SAMPAI BATAS TENGAH UPPER DAN LOWER JADI HARUS SERING KONTROL AIR CADANGAN RADIATOR…..
LikeLike
Iya, saya punya abis servis pertama langsung eok tu vario..
Suaranya jadi kasar sekali..
Gas nya sendat-sendat..
Kalo tanjakan dikit aja gas nya langsung kosong ga ada tarikan..
Antara kecepatan 0-40 km, gasnya sendat-sendat, getaran motor terasa sangat kuat sekali..
Busi nya juga udh rusak, musti ganti..
Sekarang pakai busi beat..
Katanya ga bisa minum premium biasa..
Begitu ganti busi, saya ga pernah lagi isi premium biasa, udah pake pertamax plus..
Sekarang tanjakan udah ok, tapi tetap bergetar dan sendat-sendat di kecepatan 0-40 km..
Apakah ada yang tau penyebabnya ?
Apakah ada solusinya mas-mas dan oom-oom? 🙂
Tolong dibantu yak..
LikeLike
maw tanya ne mas missmpi,,
setelah ganti pke busi beat, suara ngorok nya hilang g mas???
lok g salah busi beat lebih dingin dari vario
LikeLike
Pengalaman ane (pake premium), pas mesin dingin memang tarikannya payah, tp begitu panas (setelah jln 1km-an) bisa terpental yg bonceng. Top speed mentok di +- 110km. Ane bkn mengada-ada, kalo kurang percaya silahkan datang ke jogja, agan-sista coba sendiri..
LikeLike
ati ati paaak…. bukan hanya yang belakang yang terpental- yang depan kalo kesruduk bisa terpental jua…
LikeLike
dirumah test beat. motor baru. boros, pake pertamax cuma dapet 29 km/l. udah komplain ke dealer, diservis masih juga masih boros. tuh motor punya istri, padahal saya mau beli vario, gak jadi dech… nunggu review blogger aja..
LikeLike
wah premium ga cocok artinya ya pantesan vario ane ngadet2 pake premium -__-
LikeLike
wah sama banget tuh motor saya kyk commentnya @missmpi,ada yang tau ga ya gimana caranya biar ga ngadet2 lagi biarpun udah pake pertamax plus??
LikeLike
ganti pke busi supra X 125 mas,, udah test
g pke ngadet” ge
LikeLike
bro2 yang mau tau detail kendala atau cara penanganannya tentang honda buka ini aja,semoga bermanfaat 😀 http://pojok.welovehonda.com/archive/index.php/f-10.html
LikeLike
postingan cara hilang ngoroknya HILANG
http://pojok.welovehonda.com/showthread.php?133-Postingan-sdr-irfan-hasibuan-ttg-solusi-ngorok-HV125-raib-!!!
LikeLike
vario 125 ane kok boros yah??1liter cuman bisa 29,7km..
LikeLike
iritan vario 125 gw, boss. 32,2 km/l pake pertamax. jauh kmana2 ama mio j tetangga…
LikeLike
heh- 32 kmpl doang???
LikeLike
Pengalaman saya hampir sama dg cerita diatas. Kilometer awal saya pakai premiun gile bener ini motor irit banget. Tp setelah beberapa kali isi premiun tepatnya kilometer di spedometer menunjukkan 1000 km ª∂a̲̅ gejala2 aneh,salah satunya motor vario 125 saya jd nyendat-nyendat (spt motor yg mau habis bensin). Setelah diperiksa n ganti busi saya beralih ke petramax, sampai skr vario saya gk bermasalah sampai 4000km. Jika begitu hitung2annya malah lebih boros dr matic lain yg bisa pakai premium. Apalagi saya seorang mahasiswa 😦 berat kalau hrs pakai petramax terus. Solusinya gmn tuh? (Andrie_ulang_naza@yahoo.co.id)
LikeLike
He..he…he………….ramah lingkungan,tp nggak ramah dikantong………… pake premium campur GeS POWER BOOSTER aja, oktan premium setara dgn pertamax plus
LikeLike
Cara Mengatasi ban dan pelek yg panas gimana ya, setelah sy pake vario 125 1-2 jam pelek plus ban belakang tuh panas sy takut ban belakang tuh kenapa napa? mohon solusinya?
LikeLike
kemungkinan seret di rem tromolnya, coba cek kebebasan roda belakang dengan memutar ban waktu di standar tengah, kendurkan rem blia perlu
LikeLike
nanya bro, kalau vario ini, apakah mesti sering kita isi air radiatornya?? isinya pakai apa yah? trus indikasi harus diisinya gmn yah?? terima kasihh
LikeLike
baiklah- saya jawab dengan sepengetahuan saya…
air radiator tidak perlu sering diisi- mungkin hanya perlu di cek setiap 6 bulan sekali untuk menambahkan air radiator yang berkurang karena menguap
isinya pake air radiator/coolant bawaan pabriknya- bengkel resmi banyak koq murah karena tidak tiap bulan ganti- jadi kalo servis berkala JANGAN LUPA sekalian minta tolong bengkelnya untuk cek/tambah air radiator (biasanya gratis)
perlu di kuras setahun sekali dan diganti air radiatornya untuk meminimalisir mampetnya radiator…
semoga berguna
LikeLike
bro saya udah 4bln pake vartech 125 keren abs bro sampe2 Jupiter MX aku yang satu udah mulai karatan nda pernah di bawa lagi …tapi utk performa vartech 125 serbaiknya pake pertamax/pertamax plus….ane udah coba pake bensin biasa tarikanya masih 2-3 kali lipat dari tarikan pertamax….jangan ragu deh pake VARTECH 125….Yang komen miring utk VArteck 125 karena mungkin gak punya motor Vartech 125 bro…
LikeLike
Konsumsi bbm beda2, tergantung kecepatan n beban. beat kalo dibawa kenceng n kebut2an gk kalah boros ma mio, tercatat, konsumsi bensin sama2 28 – 30 km/l. beda kalo pemakaian normal. beat bisa 40-45 km/l, sementara mio justru sama saja. pembedanya, cvt honda lebih sempurna mentransfer daya, rpm yang diperlukan sesuai torsi mesin. sedangkan mio cenderung lebih rendah rpmnya, tapi ketika kecepatan tinggi, ketinggian rpmnya, istilahnya kalo start lebih berat, tapi kalo topspeed kaya kehabisan napas,
LikeLike
Emang bener vario kudu pakek pertamax,..?Tlng infonya ya…
LikeLike
tidak harus mz, yang benar sebaiknya pakai bensin tanpa timbal
apa itu bensin tanpa timbal
setahu saya belum ada bensin yang benar2 tanpa timbal, baik premium, pertamax amupun pertamax plus
pipa minyak balongan kabarnya butuh waktu bertahun2 untuk bersih dari kerak timbal yang menumpuk…
tidak apa apa tidak pake pertamax
jika ada trouble- itu adalah bagian kerja mekanik
nikmati berkendara anda dan hati hati dijalan ^_^
LikeLike
mas bro…pertama waktu dikirim dari dealer kan masih premium tuh… jalannya berat banget,kayak truk gandeng.
terus ane ganti pake pertamax, kok malah distart kayak megap-megap gitu ya???
LikeLike
belum disetting, kemungkinan besar seperti itu, biasanya motor baru dari dealer harus disetting dulu mz, ada kemungkinan pengirimannya tergesa gesa…
LikeLike
saran saya pkek busi iranium>motor sy begtu ganti busi nya langsung ngaciiir apalagi daerahku malamg naik turun
LikeLike
Klo sudah terlanjur cinta ma vartech mo apalagi?rusak jga mati2xan di baiki.pelg aja aku pesan dari surabaya,padahal aku di pedalaman kalimantan.kapan bisa lengkap nih spare part di ma wahau???
LikeLike
Kok tarikan bawah lemot?
Ane punya honda vario 125,menurut ane tarikan bawah 0-60 km/h sangat cepat, Tp pada tarikan 80-100 lemot banget.
Top speed ane 100 pas dan berat ane 115 hahahaha.
Mau nanya nih biar motor bagi yang punya vartech 125 buat roller racing yang bagus dan bikin ngacir ukuran berapa?
LikeLike
Kok tarikan bawah lemot?
Ane punya honda vario 125,menurut ane tarikan bawah 0-60 km/h sangat cepat, Tp pada tarikan 80-100 lemot banget.
Top speed ane 100 pas dan berat ane 115 hahahaha.
Mau nanya nih biar motor bagi yang punya vartech 125 buat roller racing yang bagus dan bikin ngacir ukuran berapa?
LikeLike
rata2 roller mutunya hampir sama… timbang berat roller standart, kalo pasang roller modif yang lebih ringan- tarikan cepat tapi topspeed berkurang, begitu sebaliknya. semoga membantu
LikeLike
Makasih gan atas infonya
LikeLike
Wes ta rek,ojo garai geloh sing wis kadung tuku 😀
LikeLike
vario 125 emang ngacirr booozz pokoknya ….ae jg pake
LikeLike
kenapa klw abis diservis tarikannya ok tp stelah 8 hari keatas kambuh lg tarikanya 60-100 lemot banget
LikeLike
kalo mtror q komprasine tinggi kalo di gaspol sampe kecepatan 120km/jam tp sarangan manipol nya aq buka trus busi setandard nya dratnya panjang tp aq ganti yx harga 10 rb mlh awet sampe berbulan2………
LikeLike
Hay gays..gua pake vario 125 ya enak” aj gag pernah masalah cuman gua pake pertamax trus dri baru ampe saat ini…..!and komen komen yg gua baca mengenai vario 125 gag terbukti mungkin juga karna gua udh pake businya yamaha vixsen (MX-POWER) sama koil yg standarnya gua ganti pake koilnya vixsen (KAWAHARA) vario gua bisa tembus140 km/jam gua trekkin di jalan boyolali-kartosuro (dpn polres boyolali) dijamin pasti oke tinggal elo brani gag……….!!!!
LikeLike
Abis berapa tuh gan…ganti koil ama busi?
LikeLike
Saya pengguna vario 125 fi cbs.
Emang tarikannya lemot bro, ane pake pertamax plus mulu padahal.. Hahahaa
Dr 40 – 60 itu paling berasa lemotnya. Tp emang irit banget sih. Kayaknya diatur emang begitu biar irit…
LikeLike
klw yg tarikannya cepet beli ninja aja… ane pake dari maret 2012 ngak ada masalah trus mau kenceng sekale yach disirkuit aja bang wk wk
LikeLike
To ajie itu lintasan boyolali kartosuro jalannya turun jadi motor biasa max speed 90 bisa naik ke 110 bahkan lebih. Coba ditest arah sebaliknya pasti turun. Tapi saya setuju dengan penggantian koil standart ke kawahara.
LikeLike
gan, ada yg tau ga harga koil kawahara buat vario techno.. ane d jakarta. . ¦¦¦¦ ゜Ť є ŋ ģ Ķㄚㄩ ゜¦¦¦¦:
LikeLike
Pada ribet yg komen. Ingat vario 125 itu motor matic jadi perlakukan motor matic kaya seperti seorang wanita.. mesti lembut. Pake motor matic tapi diperlakukan seperti motor pembalap yg bisa jebol tuh motor.
LikeLike
Semua tergantung cara pemakaian dan perawatan. Kalo pakenya kasar motor sebagus apapun juga akan jebol lama lama. Sebelum komen baca dulu di buku panduannya halaman 26. Disitu jelas tertulis GUNAKAN BENSIN TANPA TIMBAL DENGAN ANGKA OKTAN RON 88 ATAU LEBIH. Jadi pakai premium bisa dong. Jadilah pemakai motor yang cerdas.
LikeLike
Udah lah gaush permasalahin vario 125. Lagian yang ngebuat vario 125 ini professor pasti udh dirancang sebaik mungkin, jadi gaush komentar yang menjelekan atau membandingkan.
Dan Honda membuat vario 125 bukan untuk kenceng, lagian dimana2 macet gimana mau kenceng,terutama jakarta. Kalo kalian pengen kenceng sekalian aja beli ninja 250 atau moge lainnya, balapan sana di sentul.
Maaf kalo ada kata yang kurang berkenan
LikeLike
punya saya vartec udah 5 bulan jalan masih baik” aja coz ane pake pertamax tp kl udah di isi dengan premium full tanpa pertamax hasilnya motor tarikannya jd kaya narik kebo udah berat ngak enak lg
LikeLike
betul bro, Vario harus pakai pertamax plus. karena kompresi yang tinggi. 11:1 jangan paksa pakai premium , bisa jebol tuh cylinder headnya karena pembakaran yang gak sempurna. Premium hanya untuk kompresi 9:1 kebawah
LikeLike
pake busi iridium ama 9power sama xcs huricane vartech 125 saya kenceng padahal mesin standar dari 0Km-90km terasa ringan pdahal pke premium..
LikeLike
saya udah pake 14bln tp msh enak” aja tuch,busi pke cs1,bhn bkar premium dr pertama…
1liter ±50km/jam kl buat kebut”an,kl slow speed d bwah 80km tmbh irit broooo…
kl pertama nyendat coz mesin kurang panas,coba sebelum jln d panasi dl…
K 3699 GG
NB:kl servis d bengkel pusat,lebih bagus coz gak kejar paket garapnya…
LikeLike
Makanya lebih baik pake
xeon rc aja kagak ngorok,
terus terang aja dulu ane
punya vartek thn 2012
tapi udah ane jual gan
bosen dah masak terdengar
suara kek babi tidur.
Sekarang ane baru beli
xeon rc gan, bodinya
ramping dan gesit soal
keiritan dengan vartek
cuma selisih dikit deh.
Buktiin aja sendiri
key.
LikeLike
Makanya lebih baik pake
xeon rc aja kagak ngorok,
terus terang aja dulu ane
punya vartek thn 2012
tapi udah ane jual gan
bosen dah masak terdengar
suara kek babi tidur.
Sekarang ane baru beli
xeon rc gan, bodinya
ramping dan gesit soal
keiritan dengan vartek
cuma selisih dikit deh.
Buktiin aja sendiri
key…
LikeLike
sabar ditunggu dulu, dikalender yamaha 2014 sudah ada xeon rc baru hahaha
LikeLike
Nimbrung komen ya bro, ane seorang pengguna vartec, tapi bukan fanboy hondin yee hehehe
ane pake vartec udah dua kali, keluaran pertama, belom aja ngoroknya ilang, eh motornya udah ilang duluan huhu taun lalu.. baru tengah tahun ini ane beli lagi.. Awalnya ane udah seneng ngoroknya ilang, eh pas baru nempuh 500an km, ngorok lagi ngooook…
Untuk ngorok, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, mulai dari yang tidak berbiaya sampai rada berbiaya, untuk ngilangin ngorok
salah satunya (yg gak berbiaya): copot corong filter dan ram kawat di filter vartec ini
lainnya, kalo masih kurang (rada berbiaya, tapi gak banyak): ganti per cvt di driven pulley pakai yang panjangan, udah gitu roller pakai yang entengan.
Hasilnya, alhamdulillah, memang mesin rpmnya jadi lebih tinggi, tapi gejala ngorok udah berkurang banyak. Dan enaknya lagi, dengan bbm oplosan shell vpower (ron 95) 56.6% + premium pombensin kode 31 (ron 88) 43.3%, tarikannya nambah (padahal berat ane sekuintal lebih dikit hehe) :))
Just my 2 cents hehehe, kembali lagi ke motornya, namanya produk massal, gak hondin yamahmud kawak sijuki dll you name it, pasti terdapat lack,
karena maha sempurna itu hanyalah ada pada Tuhan.
LikeLike
kalau buat montor road race…gmn solusinya buat radiator biar gk cpt panas…makasih
LikeLike
radiator panas itu normal, untuk road race seharusnya pasang kipas tambahan, atau akali supaya kipas radiatornya lebih cepet muternya…
LikeLike
Gimana caranya mengatasi vario techno jalan sendiri tanpa digas..sudah 40km/jam..kendalanya apa..mohon solusinya..
LikeLike
Vario 125 yg sekarang, ganti roller aja 14gr + pertamax di jamin FU tewas kak 🙂
Silakan mencoba
LikeLike
Oi pakai roller 14gr nya juga cukup pakai 3 aja, di seling sama roller standar
LikeLike
wah emg kaya gitu..orang kl blm kenal n blm punya bisa nya coment miring….pasti yg coment miring punya nya yamaha ya…kalo dah punya vario techno125 baru tuh ngerasain hebatnya tuh motor…ane dah punya mio n bario…di bandingin..hebatan vario tuh…makanya beli n miliki dulu baru coment pak…..
LikeLike
betul anton, lemahnya vario 125 itu cuman isuu. terus juga tergantung pemakaiannya. orang yang tinggalnya di kaki gunung motornya tangguh buat nanjak. beda sama orang yang tinggalnya di dataran rendah sekali naik gunung motornya ngeden. motor baru sering dipake ngebut tarikannya lebih enteng daripada motor baru yang cuma jalan 40/50 kpj. aku waktu pertama beli vario 125 emang aga lemes tenaganya karna mesin baru dipakai dan butuh penyesuaian dengan karakter pengendara. kalo mesin dirawat dengan baik, terus sering dicoba buat nanjak, sering digas pool buat ngebut lama2 mesinnya yang menyesuaikan karakter si pengendara dan kondisi jalan yang dilalui. ini vario 125 Fi fuel injection system komputer bukan karbulator jadi butuh penyesuaian dulu. yang ngremehin vario 125 ayo adu drag race sama aku. orang kalau drag race sesama vario 125 yang tahun keluarnya sama pun dan sama2 bahan bakarnya, sama2 mesin standar hasilnya juga akan berbeda mas broooo. tergantung reyennya gimana buat ngebut apa buat santaiiiiiii
LikeLike
vartech125 ane udh km 20.000 gak ad keluhan brart, busi ya blm prnh gant. minum dari dulu jg pertamax. skrg malah pertamax plus. tarikan tetep kenceng. medan menanjak sikat enteng”aja.
LikeLike
Saya bersyukur memakai Vario 125 thn 2012, sehingga punya kesempatan up grade ringan sendiri tdk sampai jeroan mesin. saya ganti sendiri menggunakan Kipas CPX, per CVT PCX, roller suzuki Skydrive 15 gr, per centry kopling PCX dan terakhir busi pakai standar upgrade NGK CPR9EA, HASilnya lumayan memuaskan tarikan jadi enteng, dipakai ngebut makin lincah. TETAPI masih ada ganjalan yg belum tuntas yaitu ketika mesin msh dingin untuk tarikan awal msh ndut ndutan,,, kadang menimbulkan kejengkelan diawal awal berangkat kerja, ketika ndut ndutan seperti bensin telat langsung saya geber gasss poooolllll, tetapi kalau mesin sdh panas ndut ndutan sdh berkurang dan nyaris hilang,,, Oh ya untk tunggangan Vario 125 ini saya menggunakan lebih sering pertamax 92 dan kadang2 oplos dengan premium RON 88, Yang jelas masalah tarikan awal yg mbrebet jelas bukan krn bahan bakar premium, krn saya punya Beat FI sebagai pembanding juga menggunakan injeksi, tarikan nggak ada masalh meskipun saya pakai premium terus. Beat untuk tarikan lebih stabil.
LikeLiked by 1 person
Vario 125 saya ok….!! pke premium gk masalah….klo mo kebut it’s ok!! Apalagi pke shell lebih ok!! Vario walaupun body gde tp lincah n ngacirrrrr…..
LikeLike
Kalo vartec 125/150 fi 2015 mo ngacir pake oli PCMO dan jamin suara halus gak getar kaya hape vibrator. Merk PCMO macem2: AMSOIL 5W-30, Shel Helix Ultra 5W-40, Fastron Fully Syntetic, Fastron Gold dan laen laen.
LikeLike
You are my intake , I have few blogs and often run out from to post .
LikeLike
Вы допускаете ошибку. Предлагаю это обсудить. Пишите мне в PM, пообщаемся.
LikeLike